Menurunkan Berat Badan dengan Coaching (Bagian-1)

Weekend kemarin isteriku memuji tubuhku yang tambah subur, pipiku yang bertambah chubby sambil kemudian berbisik “mas, kamu ini sekarang gemuk banged lho”

“Mbok diturunin berat badannya”

“Lho itu berarti kamu sukses sebagai istri yang membuatku gemuk”, jawabku

“lagipula adalah hal yang kurang masuuk akal kalau kamu minta aku lebih kurus, sementara masakan yang kamu buat selalu menggugah selera” pujiku sekaligus alasanku.

“Bukan apa-apa mas, tapi aku khawatir karena orang gemuk itu identik dengan penyakit selain identik juga dengan kemakmuran”

Lalu bayangku melesat 3 tahun silam saat isteriku hamil anak keduaku. Saat itu aku sedang bersemanagat-semangatnya untuk hidup sehat karena baru saja mendapat pencerahan dari dokter Phaidon L Toruan dan juga mas Erikar Lebang. Dokter Phaidon waktu itu sharing bagaimana seseorang yang umur biologisnya sangat tua namun umur fisiknya tetap muda. Digambarkan searang kakek kakek berusia 70 tahun tubuhnya tetap berotot dan sixpack. Tak perlu jauh jauh dua minggu lalu saat debat pilgub DKI sang moderator Ira Koesno yang masih tetap cantik diusianya yang ke-47 tahun begitu menarik perhatianku. Tubuhnya yang terlihat masih bagus serta wajahnya yang masih kencang mengundang decak keherananku.

Konon kabarnya beliau rutin ke dokter spesialis kulit namun menurutku tanpa gaya hidup yang sehat (menjaga makanan dan juga olahraga) tak mungkin kondisi fisiknya masih seperti itu.

Menurut Dokter Phaidon kunci awet muda adalah menghindari makanan makanan yang mengandung karbohidrat, gula, minyak serta memperbanyak produksi hormon melantonin yang secara alami didapatkan dengan cukup tidur. Beliau “mengharamkan” bubur ayam, terang bulan, gorengan (jangkrik ini makanan favoritku semuanya)

Adapun mas Erikar Lebang saat itu lagi getol-getolnya mengkampanyekan pola makan yang dikenal dengan sebutan food combining (FC). Intinya dari FC adalah sedikit perubahan pada pola makan kita sehari-hari. Ketika bangun tidur segera minum air hangat yang diperasi jeruk nipis. Diminum perlahan sambil dibuat kumur. Setelah itu dilanjut dengan sarapan buah-buahan. Praktis sampai dzhuhur hanya boleh makan buah. kemudian untuk makan siang dan makan malam seperti biasa hanya saya Karbo (nasi, gandum, singkong dkk) tidak boleh bertemu dengan lauk hewani (daging, ikan, ayam, telor). Jadi kalau mau makan lauk hewani harus dipadukan dengan sayur sayuran (lebih baik sayuran mentah seperti lalapan). Sedangkan kalau mau makan nasi juga dipadukan dengan sayur sayuran.

Alhamdulillah selama 7 bulan saya berhasil menjalankan pola makan food combining tersebut sampai kemudian negera api menyerang.

Ya saya dipindah tugaskan menjadi internal auditor yang rutin berkeliling indonesia untuk melakukan audit yang emakan waktu paling lama 10 hari untuk setiap lokasi. Selain itu jika sedang off melakukan audit saya menjadi counterparting untuk audit eksternal yang masuk ke perusahaan saya mulai dari BPK, KAP, Bea Cukai yang hampir selalu ada acara jamuan makan di restoran. Tak pelak kondisi tersebut membuat saya angkat bendera putih karena ribet banget menjaga pola makan FC. Selain saya juga mempunyai alibi lain bahwa salah satu kunci kesehatan adalah hati yang bahagia. hati yang bahagia saya terjemahkan dengan tidqak terlalu membatasi makanan saya huahahaha.

Kini setelah berat badan saya meroket dari kisaran 77kg ke 84kg mau mau gak mau saya harus segera mengambil tindakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Saya segera meminta bantuan isteri saya untuk mengcoaching diri saya yang sudah saya ajarkan cara melakukan slef coaching. Mengapa saya menggunakan coaching, karena saya menyadari bahwa segala sumberdaya untuk mencapi goal yang saya inginkan sudah ada pada diri saya sendiri, hanya saya perlu bantuan seseorang sebagai fasilitator. Jadi seharusnya tak perlulah seorang yang ingin di coaching berkata “Emang dia lebih sukses dari saya? koq berani beraninya meng-coaching saya” ?

Baik saat ini Senin 23 Januari 2017 berat badan 84kg saya akan menggunakan coaching sehingga pada tanggal 21 Maret 2017, saat ulang tahun saya berat badan saya turun menjadi 74kg. Hasil coaching ini akan saya sampaikan di blog ini setelah tanggal 21 Maret 2017.

Arah dan Sumber Motivasi

Sudah jamak bahwa manusia akan berusaha untuk memburu kenikmatan dan atau menghindari kesulitan, termasuk anda dan juga saya. Benar atau benar ? Misalnya seorang karyawan bisa saja bekerja habis habisan agar cepat promosi, dalam hal ini karyawan tersebut mempunyai arah motivasi mendekat. Arah motivasi mendekat maksudnya motif seseorang melakukan tindakan karena ingin mengejar sesuatu (memburu kenikmatan). Seorang karyawan yang lain bisa jadi berkinerja tinggi justru karena takut dimarahi atasannya, dalam hal ini karyawan tersebut mempunyai arah motivasi menjauh. arah motivasi menjauh maksudnya motif seseorang melakukan suatu tindakan karena ingin menghindari sesuatu yang tidak diinginkan menimpa dirinya (menghindari kesulitan).

Seseorang bisa mempunyai arah motivasi yang berbeda-beda tergantung konteksnya. Misalnya saya sendiri, dalam konteks memilih rumah tinggal saya menginginkan rumah lingkungannya dekat yang dekat dengan kantor, sekolahan anak, dan juga masjid jami’. Kemudian dalam hal memilih mobil,  saya memilih mobil yang perawatannya mudah dan memiliki sistem keamanan yang tinggi agar saya tidak pusing dan tidak merasa khawatir di kemudian hari. Jadi hampir tidak ada orang yang hanya memiliki satu jenis arah motivasi dalam semua konteks kehidupannya.

Arah motivasi ini juga dapat berubah tergantung waktu. Misalnya pada saat memilih rumah tadi, saya memilih rumah yang lingkungannya dekat yang dekat dengan kantor, sekolahan anak, dan juga masjid jami’. Namun setelah saya tinggali selama 4  tahun ternyata rumah tersebut selalu menjadi kawasan langganan banjir. sejak saat itu saya lebih memilih rumah yang jauh dari kawasan banjir.

Lalu mana yang lebih baik diantara kedua arah motivasi tersebut ? jawabanya tidak ada yang lebih baik. Semua dapat dimanfaatkan untuk memberdayakan diri kita. Misalnya setelah kita menyadari bahwa arah motivasi kita dalam berkarya adalah mendekat, maka kita dapat memotivasi diri dengan  cara mengiming-imingi diri sendiri dengan hadiah atau imbalan yang sangat bernilai. Sebaliknya jika kita menyadari bahwa arah motivasi kita menjauh dalam konteks menyelesaikan pekerjaan, maka kita bisa memotivasi diri sendiri dengan menghadirkan gambaran gambaran mental yang tidak kita inginkan, sehinga kita terpacu untuk menghindarinya. Hal yang sama juga dapat kita aplikasikan ketika ingin memotivasi orang lain. Terlebih dahulu tentunya adalah mengetahui apakan orang tersebut memiliki arah motivasi yang mendekat atau arah motivasi yang menjauh ? setelah itu barulah kita dapat mempengaruhi sesuai arah motivasinya.

Get well soon dear

Sudah 4 hari ini alin demam, tubuhnya panas disekitaran 37,5 namun begitu terkadang ia masih bisa menampilkan senyumnya yang manis,senyum seorang wanita yang berkelas. Yang agak memilukan adalah ketika tiba-tiba ia menangis. Mungkin karena ketidaknyamanan yang dirasakannya. Kadang sembari menonton upin ipin, tanpa ia sadari hidungnya telah mimisan. Mungkin karena ia belum menyadari apa arti cairan merah yang menetes itu. Dimalam ini menjelang tidur, ku menyaksikan matanya yang telah terpejam, sementara senyum tipis masih menghiasi wajahnya sekaligus menghiasi rumah ini. Get well soon dear.

Nasi Goreng Jawa di Surabaya

Hmm..beberapa hari ini aku seperti terkena nasi goreng jawa addict. Ini semua bermula ketika 2 minggu yang lalu aku pergi ke daerah kramat gantung surabaya untuk membeli kain sofa. seperti yang teman-teman ketahui kramat gantung memang terkenal dengan tempat kulakan kain, busa untuk pembuatan kursi dan sofa. Setelah selesai belanja, ketika akan memasuki mobil tiba tiba mata tertuju pada sebuah rombong nasi goreng jawa. sambil memasukkan kain ke dalam mobil kuperhatikan terus rombong nasi goreng itu sambil berkata dalam hati “siang siang gini jualan nasi goreng”. Namun tak lama kemudian aroma nasi goreng khas jawa menyeruak menggoda hidungku. Langsung saja aku mengajak isteriku untuk menghampirinya. Ternyata memang ada kehidupan di rombong tersebut. Langsung saja aku berkata

“pesan satu porsi ya pak”

“oke mas, mase romantis sepiring berdua” jawabnya

“hehehe…” dalam hati (aku ngetes dulu nasgormu enak apa enggak)

Setelah menunggu beberapa saat jadilah nasi goreng jawa yang sudah sangat lama tak pernah kunikmati lagi.  Penampakan nasi goreng itu sangat menggoda baik dari aroma, tampilan, dan rasa. dengan nasi berwarna coklat berkilauan berkolaborasi dengan mie, berambang, daun bawang, serpihan telur dan suwiran ayam yang banyak sungguh membuat lidah terbang ke awan.  baru beberapa suapan, aku dan isteriku kompak berkata “satu porsi lagi ya pak”

“baik mas” jawabnya sambil tersenyum

sempat aku berprasangka bahwa harga nasi goreng jawa ini mahal, seharusnya tadi aku tanya dulu berapa harganya. namun kuurungkan toh sudah kadung dipesen semahal mahalnya paling ga sampai 50 ribu. tak menunggu lama kecurigaanku musnah tak berbekas saat kulihat tukang parkir sebelah juga sedang menikmati nasi goreng jawa itu. pikirku wah jelas murah ini….lha tukang parkir aja beli.

Selesai makan kami hanya mengeluarkan uang 14 ribu. berarti seporsinya 7 ribu. kali ini aku kaget, karena ini jauh lebih murah dar yang kubayangkan. (tulisan ini dibuat pada tahun 2012)

Update 2016

Berikut ini lokasi beberapa warung (rombong) nasi goreng jawa di Surabaya yang menurut saya recomended :

  1. Nasi Goreng Jawa dekat kantor pos pucang. Nasi goreng ini bumbunya sangat khas, aromanya juga sangat merangsang perut yang sedang lapar. Lokasi warungnya terletak di Jalan Pucang Rinenggo dekat kantor pos. Tastenya mengandung bumbu soto ala nasgor jawa suroboyoan. Buka mulai pukul 16:00 sampai 22:00. lokasi google maps di -7.283622, 112.756005
  2. Nasi Goreng Jawa di sebelah Sate Ondomohen. Lokasi tentu saja di Jalan Walikota Mustajab Surabaya. Nasi Goreng di sini bener bener bisa mengobati kerinduan akan nasi goreng jawa. Bumbunya tidak sepekat Nasgor Kantor Pos, namun justru itu yang membuat nasi goreng ini terasa pas di lidah saya, apalagi jika dikawinkan dengan sate kelapa ondomohen di sebelahnya. Benar benar Muantabb. Buka mulai pukl 17:00 sampai 22:00. Tastenya mirip nasgor jogja.
  3. Nasi Goreng Jawa di Warung SODUS (Soto Kudus). Ini adalah salah satu favorit saya, karena paling dekat dengan rumah. Lokasi di Jalan Gayungsari. Yup Nasgor jawa ini merupakan salah satu menu dari warung soto kudus. Memang menu utamanya adalah soto kudus, namun nasgor jawanya maknyuss banget. Buka dari pukul 11:00 sampai 22:00. Tastenya cenderung ke nasgor magelangan.
  4. Nasi Goreng Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Letaknya di Jalan Jenderal Ahmad Yani. Ini adalah andalan saya waktu makan siang. Nasgor ini sangat terkenal di kalangan karyawan di surabaya selatan. Lokasi persis di halaman kejaksaan tinggi jawa timur. Biasanya saat makan siang warungnya sangat ramai dan harus antri, apalagi waktu hari jum’at selepas sholat jum’at. Buka pukul 10:00 sampai 15:00. Tastenya mirip nasi goreng kediri yang agak pedas namun gurih.

Sebenernya bedanya nasi goreng jawa dengan nasi goreng kebanyakan di surabaya itu apa sih ? bukannya surabaya termasuk jawa ?

Jadi gini sob, kebanyakan nasi goreng suroboyoan itu ciri khasnya pakai saos merah dan minyak raja rasa. Ya sebenarenya bisa juga putihan (tidak pakai saos merah), namun bagi saya menikmati nasgor jawa itu bukan sekedar rasa dilidah, namun juga membawa saya pada suasana masa kecil saya yang sangat akrab dengan jawa tengah hehehe..

Uang Baru Indonesia dan Keberlimpahan yang Menyertai

rupiah dan yuan

Beberapa hari ini media sosial heboh disebabkan peluncuran uang rupiah dengan desain baru. Kehebohan ini ditengarai desain uang baru rupiah ini yang sangat mirip sekali dengan uang yuan china. beberapa netizen juga mempertanyakan mengapa sih rupiah pake diganti segala? kenapa juga harus ada gambar pahlawan nasional, gak pake gambar pemandangan? Kenapa juga harus diganti bebarengan?
Berdasarkan konfirmasi teman kuliah yang sekarang bekerja di Banak Indonesia (BI), desain rupiah diganti karena menyesuaikan dengan UU Mata Uang No 7 tahun 2011.  Dalam UU tersebut diatur ciri, desain, dan bahan uang. Pada pasal 7, disebutkan bahwa gambar utama rupiah adalah pahlawan nasional. Ya karena sejak 17 Agustus 2014, UU ini sudah berlaku, maka sudah dilakukan perubahan utk 1 pecahan 100 ribu. Sekarang saatnya utk dilakukan pada seluruh pecahan agar pelaksanaan UU dapat diimplementasikan menyeluruh. Selain itu desain uang ini sebenarnya juga mirip dengan mata uang euro dan turki.

rp-euroOkelah semua alasan tersebut menurut saya masuk akal, namun feeling saya koq gak enak ya.  Alih alih saya terus mempunyai perasaan negatif, saya teringat sebuah quote “Energy Flows Where Attention Goes.” Saya mencoba untuk mengubah atensi kepada hal-hal baik dan membahagiakan sekaligus memberdayakan agar terus dihampiri kehidupan lebih baik,  menyenangkan, bahagia,  dan berkelimpahan rezeki.

Maka, jika saya menginginkan kekayaan maka saya akan memberi Atensi Baik pada uang tersebut,  panggil dia,  sapa dia dan persilahkan dia hadir pada diri kita tak terbatas dan dari mana saja.

Sebaliknya kalo saya complain,  nyinyir dan menghina desain uang tersebut,  nah lho bisa jadi  malah tambah kere dan uang ga mau mendekati.

Jadi saya memilih untuk menerima semuanya dengan baik,  mengalir dan selalu tersenyum dalam melihat hal baru tersebut dengan lebih nyaman dan membahagiakan juga mengkayakan diri anda.

Ringkasan Buku Secreet of Millionaire Mind

cover-secreet-millionairePernahkah anda menyaksikan seseorang yang baru saya memenangkan lotre ratusan juta rupiah, namun tak sampai 2 tahun kemudian sudah kembali miskin, entah dia menghabiskan uangnya karena salah dalam berinvestasi, memberikan pinjaman pada temannya dan tak kembali, boros, ditipu orang, dan lain sebagainya. Contoh yang sama adalah petinju Mike Tyson yang sekali bertanding mendapatkan bayaran jutaan dollar namun kemudian mengalami kebangkrutan. Sebaliknya mungkin pernah juga anda mendengar seorang milyuner yang jatuh bangkrut (ambil contoh Donald Trump yang sekarang menjadi Presiden USA), namun dalam waktu relatif singkat bisa pulih dari kebangkrutan dan kembali kaya. Nah sebenarnya apa kesamaan yang terjadi pada dua peristiwa di atas. T. Harv Eker dalam bukunya Secreet of Mind Millionaire mengungkapkan bahwa pada pikiran setiap orang terdapat cetak biru keuangan (blue print). Cetak biru tersebut merupakan hasil pemograman-pemograman terkait uang yang didapatkan di masa lalu dari orang-orang terdekat, lingkungan serta budaya dimana orang tersebut tumbuh. Misalnya waktu kecil kita sering mendengar pernyataan seperti : cari uang itu susah, uang tidak bisa membeli kebahagiaan, uang itu kotor jangan digigit, papah ga mampu beli, gajinya papa kecil, orang kaya itu serakah, yang penting kaya hati, urip iku sing penting cukup, menjadi kaya itu gak tenang, dan lain sebagainya. Pada kasus Donald Trump tadi walaupun dia sempat bangkrut dan asetnya ludes, namun dia tidak pernah kehilangan hal terpenting untuk keberhasilannya yaitu pikiran milyunernya.

Jika diibaratkan seperti pohon, maka kekayaan dan kemakmuran itu adalah buahnya, sedang pikiran kaya adalah akar yang tersembunyi di dalam tanah. Sehingga jika anda ingin mengubah buahnya, maka anda harus mengubah akarnya terlebih dahulu. Ingatlah bahwa dunia di luar diri anda sekedar cerminan dari dunia di dala diri anda. Ini adalah bagian dari hukum alam. karena manusia adalah bagian dari alam, maka sudah semestinya untuk menegikuti hukum alam tersebut. Secara ringkas formula tadi dapat diringkas sebagai berikut.

Pikiran –> Perasaan –> Tindakan –> Hasil

Berdasarkan uraian singkat diatas, maka yang harus dilakukan adalah menghapus program-program yang salah serta melakukan pemograman ulang yang lebih memberdayakan pada pikiran anda. Sehingga formulanya berubah menjadi.

Pemrograman –> Pikiran –> Perasaan –> Tindakan –> Hasil

Berikut adalah 17 Cara Berfikir dan Berperilaku Para Orang Kaya dan Kelas Menengah ke Bawah sebagai bahan untuk pemrograman tersebut antara lain :

  1. Orang kaya percaya, “saya menciptakan kehidupan saya.” Orang miskin percaya, “kehidupan terjadi begitu saja pada saya”
  2. Orang kaya melakukan permainan keuangan untuk menang. Orang miskin memainkan permainan untuk tidak kalah.
  3. Orang kaya memiliki komitmen untuk menjadi kaya. Orang miskin inginmenjadi kaya.
  4. Orang kaya berpikir besar, orang miskin berpikir kecil.
  5. Orang kaya fokus pada peluang, orang miskin fokus pada hambatan.
  6. Orang kaya mengagumi orang kaya dan sukses. Orang miskin tidak menyukai orang kaya dan sukses.
  7. Orang kaya bergaul dengan orang yang positif dan sukses. Orang miskin bergaul dengan orang yang negatif ataau tu tidak sukses.
  8. Orang kaya bersedia untuk mempromosikan diri mereka sendiri dan nilai mereka. Orang miskin berpikir secara negatif tentang penjualan dan promosi.
  9. Orang kaya lebih besar dari masalah mereka. ”’Orang miskin lebih kecil dari masalah mereka.
  10. Orang kaya adalahpenerima yang luar biasa, orang miskin adalah penerima yang buruk.
  11. Orang kaya memilih dibayar berdasarkan hasilnya, orag miskin berdasarkan waktunya.
  12. Orang kaya berpikir “keduanya” orang miskin berpikir salah satu.
  13. Orang kaya fokus pada aset mereka, orang miskin fokus pada pendapatan mereka.
  14. Orang kaya mengelola keuangan mereka dengan baik, Orang miskin tidak mampu mengelola dengan baik.
  15. Orang kaya membuat uang mereka bekerja keras untuk mereka. Orang miskin bekerja keras demi uang mereka.
  16. Orang kaya bertindak tanpa peduli rasa takut, Orang miskin membiarkan rasa takut menghentikan mereka.
  17. Orang kaya terus menerus belajar dan tumbuh, Orang miskin berpikir mereka telah tahu.

Sebagai penutup niat dan motivasi untuk menjadi kaya sangatlah penting. Apabila niat dan motivasi kita adalah untuk membuktikan sesuatu dan atau untuk melampiaskan kemarahan atau bahkan untuk mengatasi rasa takut miskin. maka hasilnya pun tidak akan baik untuk anda. Namun jika niat dan motivasi sudah (relatif) benar dan baik maka hasilnya pun akan baik. Sebagai salah satu referensi yang bisa saya ambil adalah Bunda Siti Khadijah (Isteri Rasulullah), betapa di awal perjuangan dakwah islam banyak sekali penduduk mekkah yang masuk islam berasal dari golongan miskin. pada kondisi seperti itu dengan hartan dan jiwanya Bunda Siti Khadijah benar-benar menjadi penyokong bagi dakwah Rasulullah.

Ini Harimu Nak

kami-anak-Indonesia

Waktu itu saya belum ngerti mengapa sih salah satu bekal untuk mendidik anak selain taqwa adalah mengucapkan perkataan yang benar (Qaulan Sadiida). Memang perkataan yang benar itu seperti apa ? Belakangan saya baru memahami suatu hal, bahwa menurut sebuah studi di Iowa menyatakan bahwa anak-anak berusia 2 tahun menerima 432 komentar negatif perhari sementara mereka menerima hanya 32 komentar positif perhari dalam kehidupannya sehingga tak jarang komentar negatif tersebut menjadi program di bawah sadarnya. Saya menyadari ini ketika saya tiba-tiba berkata keras dan negatif terhadap anak saya yang membuat saya menyesal. Saat itu secara fisik dan mental saya lelah, namun alasan ini tetap tak dibenarkan.

Saya yakin bahwa semua orang tua mempunyai niat yang baik dalam mendidik buah hatinya dan menanamkan value value positif yang berguna baik untuk kehidupan di dunia maupun di akhirat. Lalu sebagai orang tua bagaimana untuk membiasakan untuk berkata yang baik ? Minimal setiap hari ucapkanlah beberapa kata-kata di bawah ini :

  1. Papa sayang kamu nak (katakan sesering mungkin)
  2. Papa seneng liat kamu waktu ….(saat melihat aspek positif dari perilakunya)
  3. Kamu bikin papa bahagia nak (ini membuatnya merasa bernilai)
  4. Papa bangga sama kamu nak (mereka perlu mendengar hal ini saat sudah berusaha melakukan suatu hal yang benar)
  5. Kamu spesial banget nak (Biarkan ia tau keunikannya adalah kekuatannya
  6. Papa percaya kamu nak (membangun fondasi untuk menjadi anak jujur)
  7. Papa yakin sama kemampuanmu
  8. Papa tau kamu bisa melakukan ini (memberikan semangat agar tidak mudah menyerah
  9. Papa bersyukur memiliki kamu (spesifik bersyukur karena suatu hal yang akan membuat anak-anak merasa bahwa hari ini adalah harinya).

sumber gambar : ini