Sadar Penuh Hadir Utuh Versiku

Sadar penuh hadir utuh. bisakah kita benar-benar melakukan hal ini. Tanpa adanya sadar penuh hadir utuh maka ilmu yang kita pelajari dan kuasai tidak akan keluar saat dibutuhkan.

Sadar penuh hadir utuh, bisa juga diartikan kita berada di sini saat ini di momen ini. Dengan memahami konsep ini kita bisa melakukan hal yang terbaik tanpa khawatir akan masa depan dan juga terusikoleh masa lalu. Bisa jadi masa depan yang kita khawatiri tidak benar-benar berada di masa depan yang jauh, mungkin hanya 1 jam kedepan atau 1 hari kedepan. Mungkin juga masa lalu yang mengusik tidak datang dari jarak yang jauh dibelakang kita namun hanya 1 jam kebelakang atau 1 hari kebelakang yang kita sesali.

Sadar penuh hadir utuh, ah…ia tak hanya dibutuhkan untuk keperluan pribadi kita namun juga dibutuhkan oleh orang-orang yang kita sayangi. Betapa bahagianya isteri dan anak kita saat kita menyimak cerita mereka dengan sadar penuh dan hadir utuh. Betapa merasa dihargainya orangtua kita saat mereka memberikan petuah, kita benar-benar menyimaknya dengan seluruh indera yang kita memiliki.

Seringkali niat itu sudah ada, namun ada beberapa penganggu. Misalnya pekerjaan dan tanggung jawab yang belum tuntas kita selesaikan. Tapi ….bukankah pekerjaan dan tanggung jawab itu tidak ada habisnya ??? kata temanku

Ya, kalau begitu ukurannya perlu kamu persempit balasku. paling enggak jika di sore hari kamu sudah tidak kepikiran dan mencemaskan apa yang terjadi karena pekerjaan dan tanggungjawab yang kamu lakukan, maka anggap saya di hari itu, pekerjaanmu telah tuntas.

hal ini juga bisa memberikan makna baru bahwa menyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawab secara on time dan on quality itu sangat penting sekali untuk menghadirkan kondisi sadarpenuh hadir utuh untuk dirimu sendiri maupun untuk orang-orang yang kamu cintai.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s