Ini Harimu Nak

kami-anak-Indonesia

Waktu itu saya belum ngerti mengapa sih salah satu bekal untuk mendidik anak selain taqwa adalah mengucapkan perkataan yang benar (Qaulan Sadiida). Memang perkataan yang benar itu seperti apa ? Belakangan saya baru memahami suatu hal, bahwa menurut sebuah studi di Iowa menyatakan bahwa anak-anak berusia 2 tahun menerima 432 komentar negatif perhari sementara mereka menerima hanya 32 komentar positif perhari dalam kehidupannya sehingga tak jarang komentar negatif tersebut menjadi program di bawah sadarnya. Saya menyadari ini ketika saya tiba-tiba berkata keras dan negatif terhadap anak saya yang membuat saya menyesal. Saat itu secara fisik dan mental saya lelah, namun alasan ini tetap tak dibenarkan.

Saya yakin bahwa semua orang tua mempunyai niat yang baik dalam mendidik buah hatinya dan menanamkan value value positif yang berguna baik untuk kehidupan di dunia maupun di akhirat. Lalu sebagai orang tua bagaimana untuk membiasakan untuk berkata yang baik ? Minimal setiap hari ucapkanlah beberapa kata-kata di bawah ini :

  1. Papa sayang kamu nak (katakan sesering mungkin)
  2. Papa seneng liat kamu waktu ….(saat melihat aspek positif dari perilakunya)
  3. Kamu bikin papa bahagia nak (ini membuatnya merasa bernilai)
  4. Papa bangga sama kamu nak (mereka perlu mendengar hal ini saat sudah berusaha melakukan suatu hal yang benar)
  5. Kamu spesial banget nak (Biarkan ia tau keunikannya adalah kekuatannya
  6. Papa percaya kamu nak (membangun fondasi untuk menjadi anak jujur)
  7. Papa yakin sama kemampuanmu
  8. Papa tau kamu bisa melakukan ini (memberikan semangat agar tidak mudah menyerah
  9. Papa bersyukur memiliki kamu (spesifik bersyukur karena suatu hal yang akan membuat anak-anak merasa bahwa hari ini adalah harinya).

sumber gambar : ini

Tinggalkan Balasan

