Rules dalam Relationship

rules relationship

Sepasang suami isteri menurut saya bisa diibaratkan sebuah tim yang memiliki tujuan bersama menghadapi tantangan dunia dan menyiapkan bekal untuk akhirat. Akan sangat tidak efektif jika diantara mereka muncul pertengkaran yang berlarut-larut yang sebagian besar disebabkan kesalahpahaman sehingga tujuan bersama tersebut terbengkalai. Misalnya nih, Suami habis pulang dinas luar kota dengan kondisi pikiran dan batin yang kacau balau, kemudian sang istri yang disergap rindu langsung memberondong dengan cerita cerita dan pertanyaan. Sang suami yang masih lelah dan sumpek kemudian menunjukkan ekspresi yang tidak menyenangkan karena dalam pikirannya ia hanya butuh mandi air hangat dan pelukan hangat pula. Ujung-ujungnya sang istri merasa tidak dihargai kemudian ngambek gak mau bicara selama berhari-hari.

Untuk meminimalkan kesalahpahaman perlu adanya rules atau aturan aturan dalam rumah tangga. Prinsip utamanya, rules tersebut haruslah win-win solution dan dibangun dengan pondasi saling menghargai. Detailnya tentu berbeda antara pasangan yang satu dengan yang lain. Contoh rules yang berlaku di keluarga kami antara lain :

  1. Suami dan Isteri mempunyai waktu me time dan kehidupan sosial sendiri 1 x seminggu @6jam.
  2. Semua kegiatan rumah tangga tidak boleh lebih utama dari waktu sholat fardhu berjamaah.
  3. Bergantian membuat susu untuk anak dll

Aturan ini bisa berubah-ubah secara fleksibel tergantung kesepakatan antara suami dan isteri. Mengapa rule ini sangat penting ? karena dengan rules ini pasangan akan terbiasa untuk bergerak secara selaras dan beriringan, seiya sekata utamanya ketika nanti mendidik anak. Banyak sekali pasangan (termasuk kami) langsung meloncat belajar parenting, padahal ilmu relationship saja masih belum beres. Satu hal yang kami sadari kemudian, hadiah terindah bagi anak-anak adalah hubungan yang positif antara kedua orangtuanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s