Rise Above The Crowd (Book Review)

rise above.jpgBeberapa hari ini saya melihat posting foto selfie bersama sebuah buku bertebaran di linimasa Facebook. Buku tersebut berjudul Rise Above The Crowd. Jangan salah meskipun judulnya berbahasa asing namun buku tersebut ternyata karya salah satu putra terbaik Indonesia yang bernama Indrawan Nugroho. Indrawan atau sebut saja Pak Indra adalah salah satu dari Trio Master Trainer di Lembaga Training Kubik selain Farid Poniman dan tentu saja Jamil Azzaini yang mungkin cukup anda kenal di twitter.

Jujur saya saat saya putuskan membeli buku ini saya tidak mempunyai ekspektasi terlalu tinggi karena saya tidak mengenal penulisnya. Alasan saya berani membeli buku ini, karena mendapat banyak komentar postif oleh beberapa tokoh terkenal. Namun setelah membaca sampai beberapa bab, saya berani mengatakan kalau buku ini sangat berkualitas baik dari segi isi maupun desain. Terlihat benar jika buku ini tidak dikerjakan asal-asalan. Selain itu akan ada bonus berupa link rekaman seminar Pak Indra dengan durasi 45 menit apabila selfie bersama buku ini dan di posting di FB dengan mentagg Pak Indra. Seminar ini diambil dari salah satu bab dalam buku ini yaitu “Rewrite The Rules”.

Sebenarnya saya tak ingin mengatakannya kepada anda, namun saat membaca buku ini saya merasa dibimbing oleh seorang  Coach profesional yang akan memandu langkah demi langkah untuk rise above the crowd. Selain itu saat membaca buku ini, saya juga merasa seperti sedang mendengarkan berbagai nasihat dari Malcom Gladwell, Seth Godin, Steve Jobs, Jim Carrey, Jim Rohn, Michael Porter yang dirangkai menjadi suatu pemahaman yang utuh.

Inti dari buku ini berisi prinsip-prinsip serta teknik-teknik untuk melesat diatas kerumunan baik dalam kehidupan, karir, percintaan, maupun bisnis yang dimiliki. Prinsip-prinsip tersebut disajikan secara sederhana dilengkapi ilustrasi yang indah dan jelas sehingga sangat memudahkan untuk dipahami.

Prinsip Pertama (1) : Pikiran Anda Menjadi  Plafon  seberapa Tinggi Anda Naik Kelas. Prinsip ini menjelaskan bahwa pikiran akan menciptakan realita (atas izin Allah tentunya). Caranya, mulailah untuk berani menetapkan target capaian setinggi mungkin.Kemudian yakini didalam hati dan hidupkan di dalam pikiran. Pikiran yang besar itu akan memberikan ruang bagi anda untuk tumbuh semakin hebat setiap harinya.

Prinsip Kedua (2) : Value (Nilai) adalah mata uang kesuksesan. Artinya untuk melesat anda atau bisnis anda harus meningkatkan nilainya secara konsisten.Mengutip perkataan jim Rohn “Kita tidak dibayar sesuai waktu kerja kita: Kita dibayar sesuai nilai yang kita berikan pada waktu tersebut. Nah kalau begitu mengapa ada seseorang yang merasa telah memberikan nilai yang tinggi, namun tidak mendapatkan kesuksesan seperti yang diharapkan ? Jawabannya karena yang menentukan nilai itu adalah Pasar bukan diri sendiri. Agar pasar bisa menerima, maka ada dua jalan yang bisa dipilih. Pertama, menurunkan harga jual anda sehingg nilainya sama dengan yang pasar siap bayarkan. Kedua, mendongkrak nilai diri sehingga nilainya sepadan dengan harga yang ditawarkan. Nilai ini bisa bersifat fungsional dan emosional. Sebenarnya ada cara yang ketiga, cara ini bahkan bisa mendikte pasar yaitu dengan menerapkan hukum supply dan demand.

Prinsip Ketiga (3) : Inovator memimpinjalan.Dengan melakukan inovasi ini, anda sudah melakukan sebuah lompatan. Caranya berikan solusi yang orang lain tidak (belum) mampu melakukannya.Salah satu case study yang sering digunakan dalam buku ini adalah Aplikasi Uber.

Dengan memahami prinsip ini, maka akan sangat mudah menerapkan teknik-teknik yang ada di dalam buku ini. Teknik-teknik ini yang dijabarkan pada bab-bab berikutnya nanti akan membantu untuk mengaplikasikan ketiga prinsip diatas secara membumi, bukan lagi sekedar bahasa dewa.

One thought on “Rise Above The Crowd (Book Review)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s