Membuat To Do List yang Tidak Membebani

Sudah menjadi kebiasaan saya (kalau ingat) untuk membuat to do list jika banyak sekali pekerjaan yang harus saya lakukan dalam seharian. Misalnya seperti dibawah ini.

wunderlist

Untuk awalan, biasanya saya selesaikan satu pekerjaan yang saya anggap mudah dan cepat untuk diselesaikan. Satu tugas yang selesai akan membangkitkan mood saya untuk memnyelesaikan tugas tugas berikutnya. Berikutnya saya akan mengeksekusi tugas yang paling penting pada hari itu. Setelah itu baru menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan lainnya. Namun anehnya sepanjang perjalanan mengerjakan tugas tugas tersebut saya cenderung merasakan beban ketimbang semangat. Sensasi yang saya rasakan seperti memanggul sebuah ransel tentara yang seberat 20 Kg, yang bebannya sedikit demi sedikit akan berkurang setiap satu tugas terselesaikan. Artinya saya menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan tersebut sambil membawa beban psikologis.

Syukurlah, saya menemukan cara agar dalam menyelesaikan semua to do list tersebut, saya tidak merasa terbebani.

Bagaimana caranya ?

Caranya ternyata mudah, saya hanya perlu mengganti kalimat-kalimat to do list yang saya tulis di atas menjadi seperti ini.

anydo

Yup, saya hanya menambahkan kata sudah.

penambahan kata sudah ini ternyata memberikan gambaran yang menyenangkan dan mengasyikkan. Saya bayangkan semua laporan dan pekerjaan saya sudah rapi tersedia di meja saya untuk di konsumsi oleh atasan saya. Gambaran yang menyenangkan itu membuat saya antusias dan tidak terbebani dalam menyelesaikan pekerjaan. To Do List yang menyenangkan ini dikenal juga dengan nama Goal List. Ilmu ini saya dapatkan dari youtubenya Pak Antonius Arif. Silahkan meluncur kesana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s