Menemukan “Warisan” Nabi Sulaiman

Ada seorang Raja, arif dan bijaksana

Sulaiman namanya

Dia gagah pekerkasa, Nabi utusan Allah

Pembimbing umatnya

KisahNabiSulaimanAS

Inilah penggalan lagu pembuka DVD kartun nabi sulaiman yang paling di sukai Hafiy

Mungkin dia senang karena di kisah nabi sulaiman ini banyak sekali hewan hewan yang muncul seperti gajah, singa, semut yang bisa ngomong dan juga si burung hud hud yang warnanya indah sekali.

Entah berapa ratus kali DVD itu diputar, yang jelas aku dan isteriku hampir hafal dialog dialognya. Mulai dari ketika Nabi Sulaiman melewati sekawanan semut sampai akhirnya Ratu Balqis dari negeri Saba’ beriman kepada Allah

Namun walaupun hampir hafal dialog dialog di film kartun tersebut, ada bagian yang terlewat dalam film katun tersebut, yaitu ketika Nabi Sulaiman melantunkan do’a yang sangat indah. Do’a yang dibadikan di dalam Al-Qur’an

Duhai Rabbi, karuniai aku ilham untuk senantiasa mensyukuri nikmat yang telah Engkau anugerahkan atasku, juga atas kedua orangtuaku. Dan agar aku mampu beramal shalih yang Engkau ridhai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu kedalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih (QS 27:19)

Luar biasa doa’nya yang dipanjatkan, bikin merinding dan terharu.

Nabi Sulaiman memulai dengan memohon agar diberikan kemampuan untuk selalu bersyukur, sugguh menurut khalifah Umar bin Abdul Aziz “Kemampuan bersyukur adalah nikmat yang jauh lebih berharga daripada nikmat yang harus disyukuri”

Andaikan seorang hamba diberikan kelapangan rizki, sungguh kemampuan untuk mensyukuri nikmatNya itu jauh lebih berharga daripada kelapangan rizki tersebut.

Nabi Sulaiman juga tak hanya bersyukur atas nikmat yang datang pada dirinya, namun juga bersyukur atas nikmat yang yang telah dilimpahkan kepada orangtuannya (Nabi Daud A.S) sebab menurut Al-‘Allamah As-Sa’di dalam Taisirul Karimir Rahman, “nikmat yang diterima orangtua adalah wasilah bagi nikmat yang dirasakan oleh sang anak”

Kemudian Sulaiman memohon bimbingan agar mampu beramal shalih yang diridhai oleh Allah. Sungguh betapa agung do’a ini menyadarkan bahwa seorang hamba hanya mampu beramal shalih jika Allah menolong, membimbing, dan memberi kekuatan. dan Amal shalih apapun takkan ada maknanya serta manfaat tanpa adanya keridhaan dari Allah. Inilah nikmat yang tak kalah berharganya dengan kemampuasn bersyukur.

Dan terakhir Nabi Sulaiman memohon dengan penuh kerendahatian agar dimasukkan kedalam golongan orang orang yang shalih. Bahkan selevel Nabi memohon agar dimasukkan kedalam golongan orang shalih.

Kini Hafiy lebih suka nonton Ultraman daripada Sulaiman T_T , semoga pengalamannya nonton kisah Nabi Sulaiman sebanyak ratusan kali mampu terekam kedala, bawah sadarnya dan kelak muncul menjadi sebuah kerinduan akan kisah Nabi dan Rasul lainnya.

IMG_20131018_171525

IMG_20140319_214627

Dan dimalam yang syahdu ini ijinkan kami menikmati apa yang sudah diwariskan Nabi Sulaiman. “Ya Rabb, karuniai keluarga kami, kedua orangtua kami, dan saudara kandung kami, ilham untuk senantiasa mensyukuri nikmat yang telah Engkau anugerahkan atas kami, juga atas kedua kami. Dan agar kami mampu beramal shalih yang Engkau ridhai, dan masukkanlah kami semua yang hina ini dengan rahmat-Mu kedalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih”

One thought on “Menemukan “Warisan” Nabi Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s