Pelatihan Pemanfaatan Sosial Media Bagi Perusahaan

Biasanya setiap mengikuti training sehari penuh yang ada adalah badan capek pengen tidur, kemudian besoknya langsung kerja lagi tanpa sempat menuliskan kembali apa yang didapat selama pelatihan. kalaupun sempat biasanya minggu depannya pas sempat dan sayangnya banyak sekali materi yang terlupakan, ketika melihat catatan cuma bisa mengguman ini maksudnya apa ya aku nulis kaya gini minggu kemarin. makanya itu aku berharap untuk setiap perusahaan yang mentraining karyawannya berilah libur satu hari agar hasilnya mengendap di pikiran dan ada waktu untuk mengikatnya melalui tulisan dengan kondisi sangat fresh😀

Nah kali ini, walaupun badan capek, ngantuk, dan besok banyak kerjaan yang menunggu maka hasil workshop hari ini aku tuliskan secara ringkas dan “kasar” mungkin juga tidak lengkap karena saat datang juga terlambat dan saat mengikuti training disambi mengerjakan tugas kantor

Oke hari ini pelatihannya tentang pemanfaatan sosial media bagi perusahaan yang dibawakan oleh secara bergantian oleh mas kreshna aditya dan mas akhmad guntarion dengan proporsi 65% mas kreshna dan 35% mas guntar.

Sesi pertama dimulai dengan pengenalan sosial media mulai dari kategori collaborative project (wikipedia), blogs & microblogs (twitter, blogspot, wordpress), content communities (youtube, dailymotion), social networking site (Facebook, Path), virtual game world, (world of warcraft), virtual social worlds (secondlife)

Diantara semua media sosial itu FB dan Twitter mempunyai audiens yang paling banyak, bahkan ketika kita menganggap FB sudah jenuh ternyata menurut data statistik pertumbuhunannya masih terus berlangsung. Idealnya untuk perusahaan harus mempunya Facebook Pages dan juga twitter.

Selama ini penggunaan social media terutama facebook dan twitter tidak diperkenankan melalu jaringan internet kantor kecuali pas training ini hehe..namun sebenarnya socmed ini bisa memberikan manfaat bagi perusahaan yaitu

  1. Pengenalan terhadap merek. Paling males kalo ditanyain kereja dimana mas ? // di Pe*e*e // itu perusahaan apa ya ? koq ga terkenal. Bahkan ada teman yang sedih begitu terima kerja di sini, namun 2 bulan kemudian gembira campur terharu saat mengikuti upacara di kantor pusat dan mendengarkan lagu mars PLN, oh ternyata perusahaan kita ini PLN group juga ya // -_-‘
  2. Pembentukan komunitas. Nah kalo pengin ngumpulin massa atau pengikut banyak mending bikin komunitas seperti jamil azzaini yang punya komunitas sukses mulia, atau auladi parenting school yg punya komunitas yuk jadi orang tua shalih, atau temen SMA saya yang membentuk AS Roma Fans Club dan menjadi presidennya. menurut pakar marketing yuswohady saat ini jamannya menjual sesuatu kepada komunitas.
  3. Pemaparan berulang. Asli pas bagian ini ga denger
  4. Otoritas Perusahaan. Perusahaan yang konsisten memberikan content dalam suatu bidang sesuai keahliannya, lama kelamaan akan diangkap pakar (punya otoritas) oleh orang lain. misalnya pada percaya kan kalau kita pengen tau tentang layanan seluler, bisa ditanyakan kepada telkom atau telkomsel. jika terkait dengan bagaimana mencuci yang bersih bisa bertanya kepada elextrolux
  5. Pengaruh Perusahaan. ini juga lupa
  6. Kunjungan ke situs. media sosial seperti facebook, twitter, dan youtube bisa menjadi jalan atau kendaraan untuk menuju rumah (website) perusahaan.
  7. Pemahaman tentang pasar. dengan adanya socmed perusahaan bisa mengetahui secara langsung anggapan pasar terhadap perusahaannya yang bisa berupa sentimen negatif atau positif. perusahaan juga bisa tau apa yang dikeluhkan dan diinginkan oleh pelanggan sehingga menjadi peluang untuk semakin meningkatkan engagement dengan pasar.
  8. Keunggulan kompetitif. Socmed bisa menyediakan sejumlah tools statistik yang bisa membandingkan antara posisi perusahaan kita dengan perusahaan pesaing. kemudian menentukan strategi yang tepat untuk mengalahkannya.

jika pemanfaatan socmed ini berhasil maka perusahaan dapat mengurangi biaya pemasaran mereka. Lalu apa saja sih indikator kesuksesan pemanfaatan sosial media bagi perusahaan :

  1. Kunjungan.
  2. Interaksi.
  3. Penjualan.
  4. Lead/Potensi
  5. Mesin Pencari.
  6. Pengukuran Merek.
  7. Hubungan Masyarakat.
  8. Keterlibatan audiens.
  9. Retensi dan loyalitas
  10. Profit.

Lalu bagaimana memulainya ? yang paling sederhana dorong para karyawan untuk menampilkan nilai nilai dan budaya perusahaan mereka kedalam tweet atau status di media sosial masing masing. Hal ini setidaknya membuat orang lain berfikir “Oh pantes saja orang ini ramah, baik, hangat dan juga ganteng, ternyata orang ini karyawan perusahaan x

Setelah para karyawan familiar dengan socmed barulah dibuat tim sosial media. tim ini yang nantinya akan merumuskan panduan penggunaan socmed dalam perusahan. ada pansuan pansuan yang bersifat umum ada juga yang bersifat khusus (misalnya ketika terjadi krisis). Panduan bisa ATM ke IBM, Walmart, ataupun intel.

Setelah panduan jadi, mulailah menentukan apa sih tujuan perusahaan kita masuk ke ranah socmed, lalu tentukan siapa sih yang nantinya akan jadi audience, siapa target pasatrnya. tujuan menentukan siapa

Selanjutnya baru contentnya, content ini tak melulu harus berisi kompetensi utama perusahaan kita, tetapi juga bisa memberikan informasi keseharian karyawan kita dalam menjalalankan tugasnya sehari-hari. lalu coba angkat sisi humanis yang disampaikan salam story telling yang engaging dan emosional. Misalnya bagaimana para karyawan perusahaan ini berjuang untuk menerangi indonesia. kemudian program program CSR juga bisa dimasukkan untuk meningklatkan citra perusahaan

socmed

BONUS

Ternyata training ini juga bermanfaat untuk kepentingan pribadi, kalau boleh di list antara lain :

  1. Linkedin. berisi informasi pribadi kita mengenai kompetensi yang kita punya, project projet yang sudah pernah kita selesaiakan, training training apa yang sudah diikuti. bahkan didalam linkedin juga da forum diskusi untuk topik topik tertentu sesuai dengan bidang yang dikuasai. kesemuanya ini secara otomatis bisa meningkatkan atau menurunkan citra perusahaan.
  2. Quora. Forum Tanya Jawab yang berkualitas tingi tentang suatu topik. bisa meningkatkan nilai diri kita dihadapan manusia (bukan dihadapan Allah) jika kita bisa memberikan jawaban yang memuaskan.
  3. Pocket. Menyimpan berita yang menarik untuk dibaca ketika senggang dengan tampilan yang ramah mata.
  4. Google Alert. Memberikan notifikasi jika ada orang yang googling nama perusahaan kita atau kita sendiri.
  5. Zite. Menyajikan berita berita sesuai topik yang diingini
  6. Security Facebook. Nah ini saya seneng, dengan mengatur ulang sistem keamanan, saya bisa nyampah di facebook tanpa bisa dibaca oleh orang sekantor yang nantinya malah jadi gosisp.
  7. Goodread. Mau tau review suatu buku baca bukunya disini, pengen tau si pakar A bacanya buku apa aja sih ? hasil reviewnya si A itu bagaimana sih ? apakah sangat berkualitas.
  8. Pemanfatan Socmed untuk mendulang amal jariyah, menyebarkan konten positif dan akhirnya memaksa diri sendiri untuk lebih baik agar yang diucap/ditulis sesuai dengan kenyataan

Ah saya tiba tiba teringat toko souvenir mertua saya dan juga masjid kompleks saya. sudah tiba saatnya mengoptimalkannya dengan sosial media🙂

2 thoughts on “Pelatihan Pemanfaatan Sosial Media Bagi Perusahaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s