Public Relation Training : Aku Dan Kau Berkilau

By Diah Litasari (JLP)

Daripada ngantuk mending mencatat training ini sekaligus upaya penghargaan kepada perusahaan yang memberikan kesempatan training. Judulnya memang dibawakan seperti ini oleh JLP (Jeng Lita Powers), pelesetan dari JRP (John Robert Powers), kesan awal koq seperti judul iklan shampo sunsilk.

Awal sesi diminta untuk mengungkapkan kelebihan diri sendiri dan kekurangan diri sendiri. ada yang mudah menyebutkan ada yang susah mengungkapkan, satu yang pasti lebih mudah menilai kelebihan atau kekurangan orang lain.

Kita bisa membranding diri kita, jika kita sudah mengenali diri sendiri baik kelebihan, kekurangan maupun potensi diri sendiri.  Sedangkan penilaian orang lain tergantung dari performance yang ditampilkan.

Kepribadian adalah perilaku yang ditampilkan dan dikerjakan dalam kehidupan kita sehari-hari di rumah, di kantor, dan lingkungan lainnya.

Untuk menjadi pribadi yang disenangi dan dinanti perlu rumus S6

  1. Smile : Senyum dari hati mampu memberi rasa nyaman pada orang lain.
  2. See : Tatapan mata yang tulus menunjukkan bahwa kita ramah, tertarik, dan fokuspada orang lain. Ketika seseorang datang pada kita sebenarnya orang tersebut menggagap kita bisa dimintai pendapat atau membantu menyelesaikan masalah, maka jangan diabaikan.
  3. Say (3 Magic Word) : Minta tolong, Maaf, Terima Kasih diikuti dengan menyebut nama orang yang sedang melakukan interaksi dengan kita.
  4. Smart : Memampukan diri menjadi pribadi yang cerdas, dan agen perubahan positif bagi lingkungannya.
  5. Solutif : Mampu menciptakan rasa aman dan nyaman ketika menemukan perbedaan.
  6. Sportif : Memperbaiki diri dan merayakan keberhasilan orang lain.

3 langkah menjadi pribadi yang berkilau yaitu EPL (Eat, Pray , Love)

Eat : pastikan selalu EAT di pagi hari untuk kekuatan energi pikir dan aktifitas yang luar biasa sepanjang hari. Orang yang ga sarapan energi berfikirnya cepat lelah.

Pray : Sebelum melakukan atau berganti aktifitas apa saja di hari ini.

Love : Tebarkan Love dengan semua hamba Allah yang kita jumpai hari ini. Layani dengan sepenuh hati, dengan cinta. Insya Allah, yaqin, cinta itu akan kembali pada kita. Bahkan kita akan merasakan cinta yang lebih besar dan sejati dari Sang Maha Cinta.

Komentar Moderator :

Terkait hubungan sesi training kepribadian ini dengan penggunaan media sosial perusahaan adalah pentingnya kepribadian agar menampilkan kepribadian yang sebenarnya, baik offline maupun online. Ada prinsip prinsip dalam media sosial yang bisa diterapkan di dunia offline, misalnya  fitur @mention pada twitter untuk menarik perhatian orang bisa digunakan di dunia offline dengan menyapa langsung dengan santun ketiuka bertemu di jalan.

sesi training kepribadian ini diharapkan membuat pemegang akun media sosial perusahaan menampilkan pribadi yang percaya diri tetapi juga tidak terlalu narsis atau urakan. Contohnya ada model pengguna media sosial yang punya akun, tapi ga berani bicara, ga berani mengeluarkan pendapat, karena merasa ga punya kelebihan, sebaliknya ada yang narisis sampai lupa bicara yang diluar dirinya sendiri. ada juga pemegang akun yang bawanya ngajak twit war. Kita bicara di akun media sosial perusahaan sebagai intitusi bukan pribadi.

Pertanyaan :

Misalnya dibandara di sapa orang, kerja dimana mas ? PJB itu perusahaan apa ? lalu setelah tau PJB masih satu group dengan PLN, orang tersebut langsung protes “koq listriuk di kalimanta byar pey dll. terus sebaiknya saya menyampaikan kondisi yang sebenarnya atau ngeyem-ngeyemi (ngadem ngademi) ?

Jawaban : Jelaskan dulu posisi PLN dan PJB (sekaligus memperkenalkan PJB dan bangga dengan PJB). tak perlu ngedem ngedem (bluffing) jika kita tidak tau persis kondisi sebenarnya, karena akan memperburuk citra perusahaan. usahakan tukar contact-nya, tukar .

 

 

 

 

2 thoughts on “Public Relation Training : Aku Dan Kau Berkilau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s