Rumus 2 Menit untuk Mengatasi Penundaan

Salah satu hal yang sangat menghambat produktivitas manusia adalah masalah penundaan. Padahal di dalam Al-Qur’an, Allah sudah bersumpah Demi Masa, sesungguhnya manusia berada dalam kerugian. Sungguh banyak sekali tunas tunas kebaikan yang terlambat muncul atau tak sempat terbit karena masalah penundaan yang bersumber dari kemalasan dan sikap meremehkan. Sungguh waktu memang tak terbatas, tetapi waktu kita sangat terbatas. Penundaan penundaan yang dilakukan hanya akan menghasilkan penyesalan penyesalan di kemudian hari. Untuk semua penundaan yang telah berlalu tak perlulah untuk disesali dengan kata kata “seandainya, andai saja” karena itu akan membuka pintu perbuatan setan. yang terpenting mulai saat ini dan kedepannya senantiasa memohon kepada Allah agar diberikan niat yang kuat serta kemudahan untuk menyelsaiakan semua kewajiban kewajiban kita di dunia ini. Tak kalah penting adalah mengetahu bagaimana cara untuk megtasi penundaan ini.

Berdasarkan apa yang pernah saya baca, salah satu cara untuk mengatasi penundaan tersebut adalah dengan rumus-2-menit. Tujuan dari rumus ini adalah mempermudah untuk memulai segala sesuatu yang perlu dikerjakan/disesaikan. Yup titik berat rumus-2-menit ini adalah mengatasi kemalasan saat memulai. Baiklah untuk mempermudah pemahaman ada 2 bagian dalam rumus-2-menit

Bagian-1. Jika pekerjaan ini memakan waktu kurang dari 2 menit, maka lakukan sekarang juga.

bagian 1 ini berasal dari buku best seller karya David Allen, Getting Things Done

Mengejutkan sekali, ternyata banyak sekali pekerjaan pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam waktu 2 menit atau kurang. contohnya : menghidupkan/mematikan lampu di rumah, mencuci piring setalah makan, membuang sampah di dalam rumah ke box sampah di depan rumah, berjalan dari rumah ke masjid, mengunci pagar, mengirim file, mencium isteri/suami tiap pagi, memeluk dan mengusap kepala anak,  menjawab sms bos, dan lain lain (silahkan ditambahkan sendiri). Untuk pekerjaan pekerjaan seperti ini ikutilah rumusnya. segeralah dikerjakan sekarang karena toh tak akan memakan waktu lebih dari 2 menit.

Bagian-2. Ketika memulai kebiasaan baru yang butuh lebih dari 2 menit, seharusnya hanya membutuhkan kurang dari 2 menit untuk MEMULAI.

Pekerjaan pekerjaan ini contohnya ; mengerjakan skrispsi, membuat kajian kelayakan, membuat prosedur, menyusun strategi jangka panjang perusahaan, menyusun rencana kerja dan anggaran tahunan. Untuk pekerjaan pekerjaan seperti ini memang ga bisa di selesaikan hanya dalam waktu 2 menit. tapi rahasia kecilnya adalah Isaac Newton pernah bilang benda yang diam cenderung tetap diam, sedangkan benda bergerak cenderung untuk tetap bergerak. Ini berlaku juga untuk kehidupan manusia, sekali manusia memulai sesuatu maka akan semakin mudah untuk melanjutkannya. disinilah rumus 2 menit bekerja

Pengen bisa joging 2 kali seminggu selama 45 menit ? cukup tiap sabtu dan minggu naik sepeda motor 2 menit ke Joging track (nanti juga diterusin joging )

Pengen kamar mandi bersih ? tinggal dikosek 2 menit (ntar juga keterusan)

Pengen bisa ngaji satu juz tiap hari ? cukup baca 2 halaman (InsyaaLlah nanti bisa 10 halaman)

Pengen Selesai Skripsinya ? segera ketik halaman pertama Bab 1-Bab 5 (ga sampai 2 menit kan)

begitu juga sebaliknya dari niat buang waktu FB-an/Twitteran 2 menit bisa jadi 2 jam

Bagian paling penting dari setiap kebiasaan baru adalah memulai – bukan hanya pertama kali, tetapi setiap kali. Ini bukan tentang kinerja, ini tentang konsisten mengambil tindakan. Dalam banyak hal, memulai lebih penting daripada berhasil. Hal ini terutama berlaku di awal karena akan ada banyak waktu untuk meningkatkan kinerja di kemudian hari.

Rumus 2 Menit bukan tentang hasil yang dicapai, melainkan tentang proses benar-benar melakukan pekerjaan. Ia bekerja dengan sangat baik untuk orang-orang yang percaya bahwa sistem ini lebih penting daripada tujuan. Fokusnya adalah pada mengambil tindakan dan membiarkan hal-hal yang mengalir dari sana.

Oke berhenti membaca sekarang, segera praktikan semoga berhasil 🙂

5 thoughts on “Rumus 2 Menit untuk Mengatasi Penundaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s