Ini Piala Eropa Ku

Demam Piala Eropa 2012 atau Euro 2012 akan segera datang dalam beberapa hari ini. Banyak orang yang sudah mulai menjagokan tim favoritnya, banyak juga yang mulai membicarakan siapakah pemain yang akan bersinar di turnamen 4 tahunan ini, bahkan mungkin akan banyak hewan peramal yang muncul mengikuti jejak Paul Gurita pada Piala Dunia 2010 lalu. Oh iya hampir lupa, jangan kaget kalau tiba tiba banyak wanita yang fasih bicara bola seperti “Wah Oezil cool banget”, “Wow C. Ronaldo ternyata keren ya ga seperti Ronaldo yang dari Brazil”, atau “Aku jagoin Italia karena pemain-pemainya ganteng seperti Balotelli & Cassano” dan ini lumayan bisa jadi bahan obrolan bagi mereka yang sedang pedekate dengan seorang pria🙂.

Aku sendiri cukup senang menyambut Piala Eropa tahun ini, walaupun tidak seantusias pada gelaran gelaran sebelumnya. salah satunya karena optimis akan banyak melewatkan siaran langsungnya kecuali laga laga seru dan jika tayang pada akhir pekan. pertama kali aku mengegenal Piala Eropa pada Tahun 2000, itu berarti sudah 3 kali aku menikmatinya. Masing masing edisi Piala Eropa memiliki kesan yang melekat kuat, berikut ini ringkasan dari masing masing edisi

Piala Eropa 2000 (Host : Belanda Belgia)

Saat itu aku konsen belajar untuk UMPTN merantau ke Surabaya untuk sekedar ikut Bimbingan Belajar SSC, aku berkumpul dengan sekolompok teman dari SMUN 2 Madiun. Niatnya memang belajar tapi Tabloid BOLA dan Sisipan Sportivo dari Jawa Pos lebih sering melekat di tangan kami daripada Modul Bimbel😀. Portugal & Italia menjadi jagoanku saat itu. Teringat bagaimana kehebatan Luis Figo dkk saat itu mampu membungkam Inggris 3-2 setelah teringgal 0-2 lebih dulu CMIIW, saat itu merupakan generasi emas-nya Portugal, selain Figo ada Rui Costa,  Sergio Conceciao, F. Couto & Nuno Gomez. Juga kehebatan Italia dengan Totti dan Stefano Fiore dalam mengobrak abrik lawan lawannya, dan klimaksnya saat Belanda yang bertindak sebagai tuan rumah menggempur habis habisan Italia namun kemudian malah tersingkir oleh Italia yang mengandalkan Catenaccionya, saking senangnya aku sampai melonjak lonjak kegirangan saat melihat Frank De Boer gagal mengeksekusi Penalti ke gawang Italia pada waktu normal & itu diulanginya kembali saat adu penalti. itulah klimkasnya karena pertandingan berikutnya Italia dikalahkan secara menyakitkan (Gol Telat) oleh Zinedine Zidane dkk yang kemudian menjadi jawara edisi 2000. Prancis jugalah yang sebelumnya juga menghancurkan Portugal di Semifinal. Beberapa hari kemudian ternyata aku masih bisa lonjak lonjak kegirangan dan juga sujud syukur setelah membaca pengumuman UMPTN. Inilah edisi Piala Erop: a terbaik menurutku🙂

Piala Eropa 2004 (Host : Portugal)

Inilah Edisi Piala Eropa paling kelam bagiku, ibarat film Star Wars inilah episode Revenge of The Sith. Masa masa ini selain harus berjuang untuk skripsi juga disibukkan oleh kegiatan sebagai anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) Pemilu 2004 di Kompleks Perumahanku. Selama 2004 KPPS bakal bertugas 2-3 kali. Pertama memilih Legislatif, lalu Pilpres putaran pertama, dan Pilpres putaran kedua. Walau bayaran kecil namun lumayan bangga juga jadi KPPS apalagi terlihat keren dan terkenal di mata (terutama) kembang kembang kompleks mulai bermekaran. Mereka ini termasuk familia (inget sama divisio, kelas, ordo, familia, genus, species) yang jarang sekali keluar rumah. Hanya kegiatan Pemilu/Pilkada, 17-an, Sholat Ied & Tarawih 7 hari pertamalah yang mampu membuat mereka keluar dari sarangnya. Lalu dimana sisi kelamnya ? Yup Piala Eropa 2004 benar benar menyebalkan, sepakbola indah menyerang benar benar hancur lebur oleh permainan Yunani yang menerapkan strategi “parkir bus”. Rasanya sangat tidak adil tim yang atraktif justru “kalah mengenaskan” di kaki tim yang bermain bertahan total dan sesekali melancarakan serangan balik (pragmatis_yang menting menang). Sungguh ironi, di tahun 2000 aku melonjak kegirangan mendukung permainan parkir bus Italia dan di 2004 begitu muak melihat permainan seperti itu. Beberapa bulan kemudian kekelaman semakin bertambah karena Jagoku di Pemilu kalah oleh Om Beye yang sangat tidak menarik seperti Yunani.

Piala Eropa 2008 (Host : Swiss Austria)

Musim berganti masa pun bertukar. Mentari pagi terbit memancarkan sinarnya yang indah sebagai pertanda terbitnya kembali Sepakbola Indah🙂 Sejak awal aku sudah optimis mendukung Spanyol karena sebagian pemainnya diisi oleh pemain dari Klub Barcelona. Sebuah Klub Bola yang mempunyai filosofi permainan indah dan menyerang. Selain itu harmonisasi tim Spanyol tampak terbangun dengan baik oleh pelatihnya Luis Aragones. Aku tak begitu peduli dengan banyaknya prediksi yang menjagokan Jerman sebagai Juara. Kusaksikan pertandingan demi pertandingan di sebuah tempat yang sunyi dan sepi tanpa sinyal HP diujung selatan Pantai Sidem yaitu Pusat Listrik Tenaga Air Tulungagung. Saat itu adalah tahun tahun kedua aku berkarir di sana. Masa masa itu adalah masa penuh kebimbangan dalam hal karir dan relationship, apakah benar aku cocok berkarir di perusahaan ini, apakah selamanya bakal berada di tempat sunyi sepi sekaligus damai ini ? apakah benar si A untukku bukan si B, C atau D. ditengah kebimbangan kebimbangan itu, pertandingan terus berjalan hingga Final mempertemukan Jerman vs Spanyol dua tim yang sama sama atraktif. andaikan salah satu kalah tentu pemenangnya tetap Sepakbola Menyerang. Kusaksikan Laga Final itu pada pagi buta di Terminal Bungurasih bersama supir taksi, petugas terminal dan calon penumpang bus yang lain. Menit demi menit berlalu hingga Fernando Torres akhirnya mencetak Gol ke gawang Jerman pada pertengahan babak pertama. 1-0 untuk Spanyol. waktu masih tersisa banyak, namun aku segera beranjak menuju Bus Harapan Jaya karena aku yakin Spanyol akan mempertahankan kemenangannya seyakin diriku menghadapi masa depan yang penuh harapan.

Piala Eropa 2012 (Host Ukraina Polandia)

Akan ku update 4 tahun lagi saat Piala Eropa 2016…………. Go Panzer & Les Blues😀

Buat Temans

*) Punya pengalaman yang berkesan selama pagelaran Piala Eropa ?

*) Piala Eropa tahun berapa yang paling menarik ? mengapa ?

*) Tim Negara mana yang teman-teman jagokan pada 2012 ini ?

2 thoughts on “Ini Piala Eropa Ku

  1. jadi inget, kemarin pas ngisi tinta printer, ada brosur agenda euro 2012, dan aku sama sekali (tetap) blank masalah bola.
    tapi prediksiku biasanya benar, bahwa pemenang euro 2012 ini adalah… Indonesia! *oh noooooooooooo* (>.<)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s