Tips Gagal Wawancara Kerja

“Mas..mas, mbok aku diajari caranya bagaimana menghadapi wawancara kerja supaya sukses ?” tanya seorang anak kuliahan yang ngakunya jauh lebih muda dariku (secara umur seh, tapi secara fisik sama mudanya :-D).

“Waduh dek, kamu bertanya pada orang yang salah. dari belasan wawancara kerja yang aku jalani, cuma 2 yang berhasil lainnya gagal” kataku

“Lho, tapi kan mas ridho dulu pernah di bagian SDM. pasti tahu lah kisi kisinya” sahutnya.

Gak tega ngeliatnya kujawab begini “oke dek, mas ga bisa ngasi tips wawancara yang dijamin sukses, tapi mas punya tips yang kalau kamu lakukan dijamin gagal. nah kamu hanya perlu untuk tidak mengulangi kesalaha-kesalahanku sehingga peluang diterimamu lebih besar”

“Sekarang aku akan simulasikan pengalaman pengalaman wawancara waktu masih keren lulus kuliah dulu

Perusahaan Rokok 1

Interviewer (I) : Saudara perokok tidak ?

Ridho (R) : Enggak Pak, bagi saya merokok itu merusak kesehatan dan menyebabkan impotensi {Gagal karena terlalu polos}

Perusahaan Rokok 2

(I) : Jadi saudara harus berangkat ke Jakarta tanggal sekian…

(R) : Wah, ga bisa pak. Saya harus mengahidir acara Wisuda saya

(I) : Jadi kamu mengaggap Wisuda lebih penting daripada melanjutkan proses Rekruitmen

(R) : Iya Pak, momen wisuda itu hanya sekali dan Bapak Ibu saya pasti ingin melihat saya di wisuda. sedangkan seleksi karyawan kan masih ada kesempatan lainnya {Gagal karena Naif Pilihan)

Perusahaan Minuman Ringan

(I) : Kira-kira berapa kisaran harga yang pantas untuk satu botol cola ukuran family.

(R) : Ya kira kira 5 ribu pak (padahal harga waktu itu 7-8 ribu)

(I) : Menurut prediksimu berapa kali dalam sebulan sebuah keluarga mengkonsumsi minuman cola

(R) : Setahun sekali pak waktu Idul Fitri {Gagal karena gak cari tau tentang perusahaan yang dilamar termasuk produk2nya}

Perusahaan Kopi Perahu Air

(I) : Saudara ini adalah talenta yang berkualitas dan patut digaji 5 juta/bulan, tapi di form koq anda hanya menulis 2 juta/bulan (…dalam hati iki ngenyek opo ngilokno)

(R) : (sempet bingung…mau jawab apa, akhirnya terlintas ide) Betul sekali pak saya memang pantas digaji 5 Juta/bulan, namun karena saat ini saya sedang lagi promo maka bisa turun. Dan satu lagi pak, saya lupa menuliskan kata-kata “mulai dari” didepan angka 2 Juta

(I) : Hahaha…cerdas tapi kurang tepat. Kalau nanti ada pertanyaan serupa saudara harusnya tahu bargaining position anda terhadap perusahaan, untuk tahap awal jawaban bijak adalah sesuai standard perusahaan {dari tanggapan (I) saya tahu sudah Gagal saat itu juga}

Konsultan Marketing

(I) : Sebagai lulusan manajemen harusnya anda paham tentang marketing. bisa tolong dijelaskan tentang STP

(R) : STP adalah Segmenting, Targeting, Positioning.. bla…bla…bla…dst

(I) : Kalau STV ?

(R) : Jangan bercanda Bu, seumur umur saya kuliah saya tidak pernah dengar tentang STV, adanya ya STP.

(I) : Ada di Bukunya Hermawan STV itu Strategi, Taktik, Value

(A) : Pantas saja itu kan istilah yang dibuat Hermawan sendiri {Gagal karena Ngotot gak jelas}

Operator Seluler

(I) : Menurut anda apa kelebihan produk kami ini

(A) : Kelebihanya ? kalau kekuranganya banyak harganya mahal, gak bisa tiga detikan, jarang ada promo dll.

(I) : (terlihat marah) {Gagal karena menjelek jelekkan produk perusahaan yang dilamar)

Multinational Company

(I) : %$$%&*^*&*(*(()*()(*+_##$$%^&*(()_((*)($%#@#$ ?? (pake bahasa inggris)

(R) : Sorry Sir

(I) : %$$%&*^*&*(*(()*()(*+_##$$%^&*(()_((*)($%#@#$??

(R) : Pardon Me, can U repeat that ?

(I) : GRRRRrrrrrrr…….. >:o {gagal karena bahasa inggris pendengaran terganggu}

“Udah-udah mas saya langsung mau denger pengalaman sukses wawancara ditempat mas bekerja sekarang” tanya anak kuliah tadi

“Gak sabaran banget kamu ini” kataku.  “Yang jelas kamu jangan mengulangi kesalahan kesalahan tadi, kemudian

  • cari pertanyaan standard yang biasa ditanyakan dalam wawancara,
  • minta tolong temanmu yang paling pinter diplomatis untuk menjawab
  • catat jawaban temanu itu dan diketik ulang
  • masukkan ke penerjemah atau google translate.
  • terus hapalkan baik versi indonesia maupun inggris sambil ngepel lantai, nyirami taneman, njaga warung dan sebelum tidur. Dah cukup ya dek, tapi ini juga ga jaminan 100% berhasil lho”

“oke mas, makasih buanyak yah (wajahnya terlihat berbinar dan gembira)

“Oiya Dek, aku lupa. jangan kamu gunakan tips tadi untuk melamar di perusahaan tempat mas bekerja ya.

“Loh kenapa mas ? tanyanya

“Karena, sejak aku menggunakan cara ini. wawancara di tempatku sudah lebih canggih🙂

9 thoughts on “Tips Gagal Wawancara Kerja

  1. hahaha lucu lucu lucu…
    mesti iki perusahaane wis nggae model wawancara berbasis kompetensi :p

    1 tips gagal lagi –> di perusahaan finance:
    (I): Anda mau dibayar berdasarkan sistem komisi tanpa gaji tetap per bulan?
    (A): tidak!
    –> GAGAL karena mata duitan & gak mau susah *eh*

  2. lucu mas. ngakak saya bacanya.😀 (meskipun mestinya miris karna tadi saya barusan interview dan kelihatannya resmi gagal total😦😦 )
    HRD : kenapa pilih jurusan HI ?
    gw : karena dulu saya pikir keren pak. tapi ternyata salah jurusan mestinya saya masuk sastra.
    HRD : ceritakan momen terberat ketika anda harus mengambil keputusan?
    gw : gk ada pak.
    dll lagi yg kalo diinget malu2in banget. pertanyaan standar gitu aja gw gk bisa jawab…interview pertama pula…jadi trauma…hikzzzzzz T_T

Tinggalkan Balasan

