Physical Intelligence : 10 Cara Jadi Orang Bugar, Sehat & Cerdas (1)

Kalau saya meminta Anda menggambarkan model orang pintar dan juga model orang bodoh yang tidak begitu pintar apa yang terbayang pada pikiran Anda. Barangkali banyak yang berfikir bahwa orang yang pintar itu seperti Dekisugi (Doraemon) kalem, cool, pakai kacamata, fisiknya lemah, kerempeng, lebih suka membaca darpada berolahraga sebaliknya orang yang bodoh tidak terlalu pintar itu seperti Giant (Doraemon) badannya gede, hobinya olahraga, berotot, fisiknya kuat terlepas apakah mereka minum tolak angin atau tidak. Well di buku The Power Of Physical Intellegence saya mendapati bahwa semakin sehat, bugar dan kuat fisik seseorang semakin tinggi pula kecerdasannya. Nah saya akan merangkum 10 bab dalam buku ini yang intinya adalah cara menjadi seorang yang bugar, sehat sekaligus cerdas

1. Mengenal Tubuh (Motivasi)

Bab ini dibuka dengan sebuah cerita seorang Sensei Aikido (salah satu seni beladiri jepang) yang sudah memegang Dan-5 dalam aikido, tubuhnya mungil kira kira 150 cm. kemudian ia berjalan ketengah matras dan memerintahkan kedua orang anak muda yang sangat bugar dan kuat (salah satunya adalah penulis buku ini ~ Tony Buzan) untuk ikut turun ke matras. Ketika itu Tony masih berumur 25 tahun, jago renang, karate, dan pelari handal. Sensei tersebut memerintahkan Tony dan temannya Kurt yang sama sama bugar dan kuat untuk berusaha menjatuhkannya. Kemudian Sensei tersebut duduk dam merentangkan kedua tanganya. “Tangkap pergelangan tangan saya” katanya, “tumbangkan saya ke lantai!” Tony dan Kurt saling memandang gak percaya. Apakah Sensei sungguh sungguh ingin kami yang kuat kuat memprmalukannya di depan umum. Bukankah mudah sekali menarik orang sekecil itu dari keseimbanganya bila dua orang yang lebih besar memegang kedua pergelangan tangannya. Singkat kata mereka mencoba menumbangakn sensei tersebut, namun tubuh sensei sama sekali tak bergerak sampai sekian lama sensei tersebut akhirnya memutar pergelangan tanganya dengan anggun, dan seketika terlemparlah Tony dan Kurt . Hikmah yang diajarkan Sensei tersebut sangatlah mendalam. Kecerdasan dan kekuatan fisik bukanlah sekedar kekuatan otot dan kebugaran tubuh secara umum saja. Disamping kedua prasyarat yang diperlukan ini, kekuatan dan kebugaran mentallah yang dapat mengarahkan badan. Jadi apa itu kecerdasan Fisik ? Kecerdasan Fisik adalah kemampuan anda untuk memahami, mencintai dan memelihara tubuh anda, dan membuatnya berfungsi seefisien mungkin untuk anda. Jika Anda memiliki Kecerdasan Fisik yang Tinggi, anda akan memahami hubungan antara otak dan tubuh anda. Pikiran yang sehat ada di dalam badan yang sehat, badan sehat ada dalam pikiran yang sehat.

Terus So What dengan dengan Kecerdasan Fisik ? Saya akan jawab juga dengan pertanyaan, apakah penting bagi anda jika :

  • Tubuh anda dapat melawan berbagai penyakit yang menyerang ?
  • Kualitas dan harapan hidup anda meningkat ?
  • Otot-otot anda dapat melaksanakan tugas tugas yang Anda butuhkan ?
  • Energi mental dan kreativitas meningkat ?
  • Panca indera anda berfungsi dengan baik ?
  • Kekuatan tenaga anda tinggi ?
  • Anda memiliki stamina yang tinggi ?
  • Tubuh dan pikiran anda relaks ?
  • Anda merasa bugar, bahagia, dan sehat sepanjang hidup anda ?

Itulah sebabnya mengapa Kecerdasan Fisik itu penting! Bab bab selanjutnya dikhususkan untuk menjelaskan hal-hal yang penting itu

2. Pikiran Lebih Penting daripada Tubuh

Pada bab ini anda akan lebih banyak mempelajari tentang hubungan antara pikiran dan tubuh. Ini akan dijelaskan oleh sebuah cerita berikut: Ceritanya ada beberapa Karyawan OJT pabrik tahu yang dikirim ke Markas latihan Angkatan Darat untuk menjalani latihan kedisiplinan. Di sana ada seorang Sersan yang terkenal menjengkelkan, namanya Sersan Betewe. Sersan tersebut berkata sambil nyengir “Selamat datang di kamp latihan. Yang akan kita lakukan hanyalah lari lari kecil saja, oh iya btw sambil lari tolong tas punggungnya dibawa dan btw saya juga memohon agar tas tersebut diisi barang sampai penuh, setelah terisi silahkan lari mengelilingi kamp sebanyak 5 putaran. Setelah itu balik ke tengah lapangan”. Padahal jalan disekeliling kamp itu tanahnya bergelombang ada bukit bukit kecil setinggi 6 sampai 9 meter dan berbatu-batu. Setengah jam kemudian para OJT itu sudah berkumpul kembali ditengah kamp dengan nafas terengah-engah. Kemudian sersan itu berkata, “Tujuan lari ini adalah untuk menguji apakah kalian memang sungguh sungguh bugar. Dan saya yakin kalian senang karena mengetahui kondisi kalian yang lumayan bugar”. Dan semua OJT menarik nafas lega sambil berkata “Ya, kami semua merasa senang” “Emmm.. btw supaya kalian lebih bugar dan senang, gimana kalau kalian melakukanya LAGI ?” Tanya Sersan Betewe. Kemudian hening selama beberapa menit karena semua OJT berfikir bisa pingsan atau mati beneran nih. Dan begitulah mau nggak mau mereka berlari lagi. Mereka benar benar sangat kelelahan kali ini. Mereka kembali sekitar 30 menit kemudian. Saat itu mereka benar benar seperti sudah tidak punya tenaga lagi. Semua saling menyandarkan badan supaya bisa berdiri tegak. Sersan itu berkata, “itulah! Kalian benar benar tidak tahu kalian ini sebenarnya mampu melakukan apa. Saya yakin kalian semua terheran heran. Apa yang telah kalian perlihatkan adalah kalian mampu melakukanaya setidaknya dua kali dari yang sudah kalian lakukan sebelumnya. Itu lebih daripada yang kalian bayangkan sebelum memulainya, kan ? Dan lihatlah, sama sekali tidak ada masalah. Apakah kalian semua setuju ?” Dan kami semua bergumam, “Ya, benar, kami sudah sampai disini dan mampu melakukanya dua kali.

Well, kalau gitu sekarang waktunya ngeteh dan btw gimana kalau sambil menunggu tehnya jadi kalian lakukan satu kali lagi, 4 putaran saja” ucap sersan tersebut. Singkatnya mereka melakukanya lagi dan kembali dengan keadaan luar biasa lelah . Tapi toh sang serasan berkata “Sekarang lihat kalian sudah mampu melakukan untuk ketiga kalinya ini adalah hikmah yang sederhana. Apa apa yang kalian perkirakan mampu kalaian lakukan, itu baru sebagian saja, yang sebenarnya adalah kalian mampu menembus suatu ‘neraka’ yang lebih berat daripada yang kalian pikirkan…Ya ya ya kita manusia mempunyai kemampuan sangat besar, lebih besar daripada yang kita yakini dapat kita lakukan, karena sampai sebelum seseorang datang dan mendorong kita ke kemampuan yang lebih tinggi, sekarang ini sebenarnya kita baru melakukan setengahnya saja. Dr Yue membuktikan bahwa seseorang dapat meningkatkan kekuatan otot hanaya dengan mengirimkan sinyal yang lebih kuat kepada saraf-saraf penggerak otak. Dia meminta 10 orang relawan berusia 20-35 tahun untuk mengangan-angankan meregangkan satu dari otot bisep sekuat tenaga dengan frekuensi 5 kali latihan dalam seminggu. Ketika para relawan itu meregangkan lenganya masing masing, para peneliti mencatat aktivitas listrik dari otak selama sesi itu. Hasilnya setelah beberapa minggu ternyata mereka tidak hanya memperlihatkan 35% peningkatan kekuatan oto, tapi juga mampu mempertahankan capaian itu selama tiga bulan setelah latihan itu dihentikan.

3. Latihan Membentuk Tenaga

Bab ini ditulis untuk membantu anda mengembangkan kekuatan dan daya otot. Dengan melakukan ini anda akan melangsingkan dan membentuk otot otot anda,meningkatkan tingkat tenaga secara menyeluruh, menguatkan tulang-tulang, membuat tulang-tulang itu lebih luwes, meningkatkan kemampuan anda untuk menarik, mendorong dan mengangkat, melindungi anda agar tidak cedera, menguatkan system kekebalan anda, dan sangat meningkatkan rasa percaya diri anda. Penelitian yang belum lama ini dilakukan untuk menguji manfaat olahraga juga telah menggugurkan mitos bahwa anak-anak pintar itu lemah, kerempeng, dan lamban. Semua penelitian itu melaporkan sesuatu yang sebaliknya. Pada penelitian di Prancis ditemukan anak anak yang diberi kegiatan olahraga secara ekstra setiap harinya yang waktunya diambilkan dari jam pelajaran sekolah ternyata tampil lebih baik daripada anak anak yang mendapat latihan olahraga dalam jumlah yang kurang.. Dalam suatu penelitian di Australia, hasil-hasil ini berlipat dua untuk sekelompok murid sekolah di Adelaide. Mereka diberi kegiatan kebugaran dalam jumlah yang lebih banyak. Dua tahun kemudian, nilai-nilai mereka untuk aritmatika dan membaca lebih tinggi dan tingkah laku mereka secara keseluruhan lebih baik. Tampaknya terdapat kaiatan yang kuat antara tingginya tingkat kegiatan fisisk dan prestasi akademis yang tinggi di sekolah . Kegiatan fisik meningkatkan konsentrasi anak-anak dan kemampuan mereka dalam belajar. Di sekolah-sekolah yang memberikan pendidikan fisik dan kegiatan olahraga di luar jam pelajaran, prestasi akademis murid muridnya banyak mengalami peningkatan. Mengapa hasil-hasil capaian ini begitu konsisten ? sebab, peningkatan kegiatan badan memperlancar aliran darah ke otak, dan ketika menajalankan tugas belajar (baik yang bersifat fisik maupun mental) peningkatan itu menyebabkan timbulnya formasi kegiatan syaraf- yaitu urat-urat saraf ramping yang tumbuh bercabang-cabang dari saraf neuron dan menambah jejak-jejak saraf serta meningkatkan pemetaan saraf dalam otak. Inilah keadaan saling terkait secara fisik yang berlipat ganda. Ini seperti yang diungkapkan oleh Dr Susan Greenfield, Profesor Farmakologi di Oxford University : “Otak sangat peka terhadap apa yang terjadi pada tubuh. Semakin banyak anda berionteraksi dan merangsang sirkuit otak, sel-sel otak anda semakin cerdas. Semakin cerdas sel-sel otak, semakin tangkas tubuh anda; semakin cerdas tubuh anda, semakin tangkas otak anda! Seperti sebuah lingkaran malaikat.

Baiklah langsung saja menuju latihan apa saja yang akan memebentuk tenaga kita sehingga merangsang otak kita juga. Mulailah latihan ini dengan beban yang lebih rendah. Lakukan setiap latihan ini tiga kali, dan satu menit istirahat di antara ketiganya. Dalam setiap latihan, ulanglah 5 atau 6 kali.

Latihan bahu-Mengangkat beban ke samping badan

Dada-dengan mengangkat barbell pada bangku

Punggung-Dumbel dengan satu tangan

Bisep-mengangkat dumbel

Bisep-Push-up

Paha (kuadrisep : depan)-Dumbell Squat

Paha (Hamstring: belakang)-Dumbbell lunges

Torso (Otot Perut)-Sit-up

Bersambung………

4 thoughts on “Physical Intelligence : 10 Cara Jadi Orang Bugar, Sehat & Cerdas (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s